Senin, 19 Oktober 2015

Menigkatkan Peforma Yamaha Byson



Salam Aspal semoga kita semua selamat di perjalanan dan  sampai ke tujuan


Hai Bro/sis jika melihat tampang byson yang gahar, dengan bagian-bagian penunjang penampilan yang tampak besar-besar (gahar), seperti roda-ban, sok depan, tangki dan lain-lain, maka akan sangat disayangkan jika powernya hanya 14 ps. Apalagi jika beratnya melebihi NVL yaitu 131 kg menjadikannya terlihat lemot untuk motor 150cc. Maka wajar jika banyak calon pembeli byson yang kemudian beralih ke NVL, tampang sama gahar tapi tenaga beda 2,59 ps, lebih mahal sedikit nggak masalah ya Bro/Sis. Pada akhirnya kelemahan byson ini mengakibatkan marketnya terus menciut, apalagi (selain digerogoti NVL) juga mendapat serangan dari verza dan nmp, perhatikan perolehan pasarnya berikut ini.


 [sumber : fncounter]
Lalu kemudian ada rumor bahwa fz16 yang dirilis di india kemungkinan akan menjadi suksesor byson, yang mana justru tenaganya malah turun menjadi 13.1 ps (old byson 14 ps), bisa tambah loyo penjualannya. Bagai rider byson ataupun calon pembeli yang sudah terlajur kesengsem dengan tampang byson, maka performa nggak jadi masalah. Untuk harian performa standar sudah cukup, karena byson memang mengutamakan penampilan bukan performa. Tapi jika merasa kurang, maka performa dapat ditingkatkan dengan beberpa cara berikut ini :
  1. Meningkatkan volume silinder, biasanya dengan bore-up, karena stroke byson sudah cukup panjang maka bore-up lah yang paling cocok. Yang paling gampang adalah dengan PnP bore-up kit, Kawahara racing sudah menyiapkan bore-up kit 200 cc dengan piston 66 mm .Jika mau bore-up dengan piston motor lain juga bisa, misalnya dengan piston tiger os 150 (66 mm). Bore-up sampai 200 cc (tentunya dengan ubahan2 di sektor lainnya) dapat meningkatkan power sampai 5 hp, mantap kan, CB150r, NVL, R15 std tewas semua hehee..
  2. Dengan mengoptimalkan variabel penentu performa tanpa harus mengubah volume silinder (cc), nah ini yang paling asik, yang akan kita bahas bersama. Jika melihat performanya maka ada beberapa variabel yang bisa dioptimasi untuk meningkatkan performa byson, mari kita bahas .

Paling minimal ada 3 variabel yang bisa ditingkatkan dari mesin byson supaya lebih power full, yaitu
  1. Efisiensi volumetrik (VE) dapat ditingkatkan dari 87% menjadi 95%, dengan pengupgrade saluran intake, lebar klep, lift camshaft, penggunaan filter racing dan rancang ulang header kanalpot.
  2. Putaran mesin saat power puncak digeser lebih tinggi dari 7500 rpm menjadi 10500 rpm. Putaran mesin saat piston speed maksimumnya (21 m/s) adalah 10900 rpm, jadi masih aman. Upgrade ini bisa dilakukan dengan pengaplikasikan CDI racing.
  3. Rasio kompresi (CR) bisa ditingkatkan, minimal mirip dengan satria fu, dari 9.5 menjadi 10.4. Akan tetapi harus diiringi dengan penambahan oil cooler. Ubahan ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikan piston after market untuk byson yang lebih menonjol.
Dengan perubahan tersebut maka tenaga byson akan terdongkrak menjadi sekitar 21 ps, hmmm mantap ya, naik 7 ps dari standarnya.

Oke Bro/sis semoga artikel ini dapat membantu salam Aspal. terima kasih sudah berkunjung di Blog ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar