Salam Aspal semoga
kita semua selamat di perjalanan dan sampai ke tujuan
Hai Bro/sis jika
melihat tampang byson yang gahar, dengan bagian-bagian penunjang penampilan
yang tampak besar-besar (gahar), seperti roda-ban, sok depan, tangki dan
lain-lain, maka akan sangat disayangkan jika powernya hanya 14 ps. Apalagi jika
beratnya melebihi NVL yaitu 131 kg menjadikannya terlihat lemot untuk motor
150cc. Maka wajar jika banyak calon pembeli byson yang kemudian beralih ke NVL,
tampang sama gahar tapi tenaga beda 2,59 ps, lebih mahal sedikit nggak masalah
ya Bro/Sis. Pada akhirnya kelemahan byson ini mengakibatkan marketnya terus
menciut, apalagi (selain digerogoti NVL) juga mendapat serangan dari verza dan
nmp, perhatikan perolehan pasarnya berikut ini.
[sumber : fncounter]
Lalu kemudian
ada rumor bahwa fz16 yang dirilis di india kemungkinan akan menjadi suksesor
byson, yang mana justru tenaganya malah turun menjadi 13.1 ps (old byson 14
ps), bisa tambah loyo penjualannya. Bagai rider byson ataupun calon pembeli
yang sudah terlajur kesengsem dengan tampang byson, maka performa nggak jadi
masalah. Untuk harian performa standar sudah cukup, karena byson memang
mengutamakan penampilan bukan performa. Tapi jika merasa kurang, maka performa
dapat ditingkatkan dengan beberpa cara berikut ini :
- Meningkatkan volume silinder, biasanya dengan bore-up, karena stroke byson sudah cukup panjang maka bore-up lah yang paling cocok. Yang paling gampang adalah dengan PnP bore-up kit, Kawahara racing sudah menyiapkan bore-up kit 200 cc dengan piston 66 mm .Jika mau bore-up dengan piston motor lain juga bisa, misalnya dengan piston tiger os 150 (66 mm). Bore-up sampai 200 cc (tentunya dengan ubahan2 di sektor lainnya) dapat meningkatkan power sampai 5 hp, mantap kan, CB150r, NVL, R15 std tewas semua hehee..
- Dengan mengoptimalkan variabel penentu performa tanpa harus mengubah volume silinder (cc), nah ini yang paling asik, yang akan kita bahas bersama. Jika melihat performanya maka ada beberapa variabel yang bisa dioptimasi untuk meningkatkan performa byson, mari kita bahas .
Paling minimal
ada 3 variabel yang bisa ditingkatkan dari mesin byson supaya lebih power full,
yaitu
- Efisiensi volumetrik (VE) dapat ditingkatkan dari 87% menjadi 95%, dengan pengupgrade saluran intake, lebar klep, lift camshaft, penggunaan filter racing dan rancang ulang header kanalpot.
- Putaran mesin saat power puncak digeser lebih tinggi dari 7500 rpm menjadi 10500 rpm. Putaran mesin saat piston speed maksimumnya (21 m/s) adalah 10900 rpm, jadi masih aman. Upgrade ini bisa dilakukan dengan pengaplikasikan CDI racing.
- Rasio kompresi (CR) bisa ditingkatkan, minimal mirip dengan satria fu, dari 9.5 menjadi 10.4. Akan tetapi harus diiringi dengan penambahan oil cooler. Ubahan ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikan piston after market untuk byson yang lebih menonjol.
Dengan
perubahan tersebut maka tenaga byson akan terdongkrak menjadi sekitar 21 ps,
hmmm mantap ya, naik 7 ps dari standarnya.
Oke Bro/sis semoga artikel ini dapat membantu salam Aspal. terima kasih sudah berkunjung di Blog ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar